Beranda cerita relawan Nikmat berbagi

Nikmat berbagi

54
0
BAGIKAN

Rumah Lebah PAY, Jakarta – Rutinitas saya setiap hari sabtu sekarang mengajar adik-adik lebah kelas bawah. Pertama mengajar itu akhir juli kalau gak salah ingat. Pada hari itu relawan pengajar yang datang ada lima orang. Awal perkenalan, saya deg-degan banget karena relawan pengajar yang lain santai, asyik dan gak kaku. Tiba giliran saya, sempat grogi sih tapi ya sudah bismillah saja. Saya perkenalkan diri saya, walaupun tidak semenarik kakak relawan lain, setidaknya bikin ceria suasana lah yaa 😆. 

Hari itu sistem pembelajarannya per kelompok. Satu kelompok terdiri dari lima anak. Nah kelompok saya terdiri dari Pebu, Rangga, Rian, Rasfan, dan Firman. Saat kami sudah membuat lingkaran, kemudian kami berkenalan kembali, menyebutkan nama dan kelas.

Setelah selesai berkenalan kemudian saya bingung harus apa? Benar-benar blank banget deh! Padahal pas malam sebelumnya saya sudah belajar nyanyian “Sentuhan boleh, sentuhan tidak boleh” karena sesuai materi yang ditetapkan minggu itu tentang menjaga diri, tapi saya benar-benar lupa. Akhirnya saya punya ide untuk mengetes mereka menyebutkan rukun islam dan Alhamdulillah mereka sudah tahu. 

Setelah bingung mau apa lagi, akhirnya saya punya ide untuk mewarnai. Saya sudah menyiapkan gambar laki-laki dan perempuan yang menutup aurat. Adik-adik pun pada senang banget. 

Kesabaran saya diuji ketika mereka mulai iseng mengganggu temannya dan lari-larian. Mengajari mereka harus penuh kesabaran. Ada juga tingkah lucu mereka seperti Pebu namanya, dia baru mewarnai gambar peci tapi dia langsung bilang “Sudah, ah, Kak capek!” Tapi saya membujuk untuk melanjutkan gambarnya sampai selesai. 

Lalu ada Firman yang selalu bertanya warna “Kak, jilbabnya dikasih warna apa?” 

“Hijau boleh kok, bagus.” 

Lalu Firman bilang “Warna hitam saja deh, kayak jilbab kakak.” *aaakkk cocwit :D*

Ada lagi Rian yang kecil, lucu dan lincah, dia aktif banget lari-larian. Kebalikannya dengan Rangga, yang kalem gak banyak tingkah dan butuh perhatian yang lebih dibanding empat adik yang lain. Terakhir Rasfan, anaknya kayak cool campur jutek gitu dan gambarnya yang paling rapi dan bagus hehehehe.

Walaupun kelakuan mereka beraneka ragam, saya tetap seneng dan bersyukur bisa berbagi kepada mereka. Berbagi juga bukan hanya terbatas pada materi, bisa juga ilmu dan waktu. Gak harus ilmu yang rumit-rumit. Berbagi sedikit ilmu kepada mereka walaupun hanya menggambar bisa jadi mengubah masa depan mereka. *Hazeeekkk :D*

Saya pernah membaca kalau berbagi itu merupakan salah satu cara kita untuk mencapai kebahagiaan. Dan saya bahagia sekali bisa berbagi kepada adik-adik Rumah Lebah PAY. Ada perasaan bahagia yang sulit dijelaskan saat kita mampu memberi tanpa berharap imbalan apa pun. Inilah nikmatnya berbagi.

Alhamdulillah sudah sekitar satu bulan saya menjadi relawan pengajar kelas bawah, makin ke sini saya semakin semangat untuk berbagi ilmu ke adik-adik. 

Saya berharap bisa istiqomah untuk selalu berbagi kebermanfaatan kepada adik-adik Rumah Lebah PAY karena mereka membutuhkan kita untuk membawa perubahan di masa depan.

Semangaaattttt 😊
*Salmah

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!