Beranda cerita relawan Sengatan Pertama Lebah-Lebah JUMANJI

Sengatan Pertama Lebah-Lebah JUMANJI

98
0
BAGIKAN

Rumah Lebah PAY, Jakarta – #BeeCamp merupakan kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Rumah Lebah. Bersama sekitar 50 adik lebah, camp ini berlangsung pada 16-17 Februari 2019 di Waru Farm Land – Bogor.

Mengusung tema JUMANJI (Jujur, Mandiri, dan Terpuji), Camp kali ini diramaikan dengan beberapa fun games yang berkaitan dengan kejujuran, kemandirian, dan sikap terpuji.

Setibanya di lokasi, adik-adik lebah dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian mereka ditugaskan untuk mendirikan tenda kelompok masing-masing mengikuti arahan kakak panitia. Aku diberi amanah untuk mendampingi adik-adik kelompok bebek. Mereka sangat menyenangkan, meski ini merupakan kali pertama aku berada di antara mereka.

Pada camp kali ini, kami diberi cukup banyak waktu luang untuk bereksplorasi. Aku menggunakan kesempatan-kesempatan itu untuk beradaptasi, dan mengenal satu per satu adik lebah, terutama kelompok bebek.

Kegiatan yang paling menonjol di hari pertama, yaitu menelusuri POS JUMANJI. Pada pos pertama, adik-adik diminta melakukan hal terpuji, yaitu memungut sampah di sekitar rumah warga. Lanjut ke pos kedua, adik-adik diminta mengikuti arahan kakak panitia untuk melipat origami dengan jujur (tidak bertanya atau minta bantuan teman kelompoknya). Pada pos berikutnya (pos paling menyenangkan bagi adik-adik lebah), yaitu melatih kemandirian dengan menyeberangi sungai. Meski wajah mereka menyiratkan sedikit rasa takut, namun antusiasme adik-adik tetap terasa saat akan melintasi sungai dengan bantuan kakak-kakak panitia.

Malam harinya, api unggun menyala menghangatkan suasana. Semarak kegembiraan adik-adik lebah semakin terasa saat Kak Fajar memberi arahan “Tepuk Semangat” ala cowboy.

Tiap ada komando “Tepuk Semangat”.
Semua bersorak.

Se… semangat se… se… semangat yiiiiha.
Semangat se… se… semangat yiiiha.

Malam itu, setiap kelompok diminta menampilkan yel-yel yang telah mereka persiapkan sebelumnya. Beberapa kelompok menambahkan pembacaan puisi pada akhir penampilan kelompok mereka.

Pada hari kedua, usai olahraga pagi, diadakan fun games antar kelompok. Keseruan memenuhi atmosfer pagi itu. Setelahnya, kami sarapan, lalu mengunjungi UKM setempat. Kebetulan, aku dan kelompok bebek kebagian mengunjungi rumah usaha pembuatan sabun susu kefir. Ekspresi serius adik-adik lebah selama memperhatikan proses pembuatan sabun, terlihat sangat menggemaskan. Rasa ingin tahu anak-anak memang cukup tinggi, kan? Rasanya, aku ingin mencontoh semangat mereka dalam upaya menuntut ilmu.

Usai kunjungan, kami makan siang, lalu sholat, kemudian berkumpul di area camp untuk pengumuman juara berdasarkan penilaian dari keseluruhan acara. Dan ternyata, semangat adik-adik kelompok bebek membawa mereka menjadi juara pertama. Diikuti kelompok burung beo sebagai juara kedua, dan kelompok singa sebagai juara ketiga.

Pada camp kali ini, aku juga berkenalan dengan kakak-kakak pendamping lainnya. Tidak hanya mendapat pengalaman, aku juga pulang dengan daftar kontak teman baru. Selain menyenangkan, aku juga mendapat banyak ilmu baru selama berada di antara mereka.

Keceriaan adik-adik lebah menyulut kebahagiaanku. Tawa dan semangat mereka menjalar membangkitkan kembali semangat-semangatku yang nyaris redup. Rasanya aku tak ingin menyudahi kebersamaan dengan adik-adik lebah. Kalau kata Kak Alea “Itu baru sengatan pertama. Hehe” Mungkin, nanti akan ada sengatan-sengatan selanjutnya yang akan membuatku benar-benar tidak bisa menjadikan mereka hanya sebagai kenangan, tapi juga sebagai bagian dari kehidupan.

*Dhini Chalista Amelya

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!